0


Apakah anda sedang kebingungan karena berat badan yang tak stabil dan terus menerus naik? Sebelum memutuskan untuk melakukan diet, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari kegemukan tersebut. Kebanyakan penyebab kegemukan atau kelebihan berat badan itu dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat, misalnya jadwal makan yang tak disiplin, lalu gantinya anda terlalu banyak makan makanan instan dengan banyak pengawet atau pewarna buatan, tidak memperhatikan asupan lemak dan karbohidrat serta jarang sekali melakukan olahraga.
Berat badan yang jauh dari angka ideal adalah awal dari berbagai penyakit, misalnya jantung koroner dan sesak napas. Oleh karena itu, alangkah lebih baik lagi jika anda mulai mencari cara terbaik untuk mengikis lemak di dalam tubuh dan memulai gaya hidup yang sehat. Salah satu cara diet yang dianjurkan adalah dengan mengonsumsi greencoffee.
Pernah mendengar istilah green coffee alias biji kopi hijau? Kopi hijau sebenarnya adalah biji kopi Arabika yang masih muda dan tidak melalui proses roasting. Proses pembakaran dengan suhu tinggi itu memang dihindari untuk mendapatkan hasil maksimal dari si kopi hijau ini.
Sejarah kopi hijau sendiri sudah dimulai sejak kurang lebih tahun 1100 M silam di kawasan Laut Merah. Sebenarnya pada masa itu belum ditemukan cara roasting untuk mendapatkan aroma kopi yang jauh lebih mantap, sehingga biji kopi hanya dikeringkan seadanya panas matahari, kemudian diseduh dengan menggunakan air mendidih dan menghasilkan kopi yang lebih mirip dengan teh.
Tetapi, sekalipun saat ini kopi lebih banyak diolah dengan cara dipanggang (terutama kopi Arabika, semua sudah tahu nikmatnya aroma kopi yang satu ini), masih banyak daerah yang mempertahankan penyeduhan biji kopi secara langsung dan terkena sebagai kopi Arab tradisional.
Seperti yang sudah disebutkan di awal, kopi hijau ini dianjurkan untuk menjadi suplemen tambahan dalam proses diet, sebab ada senyawa aktif di dalam kopi hijau yang berkhasiat untuk menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh, nama zat aktif itu adalah asam klorogenat.
Selain mampu menekan nafsu makan yang berlebihan, asam klorogenat ini juga mempercepat metabolisme tubuh dan membuat tubuh terasa lebih fresh karena organ dalam tubuh bekerja dengan maksimal. Memaksimalkan pembakaran lemak menjadi energi untuk beraktivitas dan juga mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Belum lagi senyawa aktif lainnya seperti Arachidonic Asam, Asam linoleat dan Asam oleat yang memiliki manfaat untuk menjaga kulit tetap kenyal, terasa lembut, halus dan terhindar dari penuaan dini.
Kenapa bisa ada perbedaan kandungan senyawa dan zat aktif penting dalam kopi biasa (kopi hitam) dengan kopi hijau? Hal itu diakibatkan perbedaan pada proses roasting. Kopi biasa akan di-roasting (dipanggang) dengan cara dipanaskan dengan suhu yang luar biasa panas dan dalam waktu yang cukup lama, sehingga kandungan zat alami di dalamnya akan menguap.
Sementara itu, green coffee hanya menggunakan metode untuk mengeringkan biji kopinya saja, supaya kandungan air dalam biji kopi hijau menguap dan biji kopi bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Karena tidak melalui metode pembakaran, maka kandungan asam klorogenat dan zat-zat penting lainnya tetap utuh di dalam setiap biji kopi hijau. Bahkan perbedaan kadar asam klorogenat antara biji kopi hitam dengan biji kopi hijau sebesar 3 kali lipat lho! .

Itulah mengapa kopi hijau memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan sekarang makin banyak produk kesehatan yang menggunakan ekstrak kopi hijau sebagai bahan dasarnya.

Dikirim pada 17 Desember 2016 di News
Awal « 1 » Akhir
Profile

“ Haji/Hajjah Wina Ningsih ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 122.143 kali


connect with ABATASA